Cara Membuat dan Jual-Beli NFT di OpenSea Dengan Mudah

Agar dapat memperjualbelikan NFT makan kamu harus memiliki aset kritpo yang sesuai dengan platform atau pasar yang kamu gunakan. Nah buat kamu yang masih belum tau bagaimana cara membuat dan memperjual belikan NFT,berikut ini adalah cara membuat dan jual beli NFT :

Memilih dan Membuat Pasar NFT

Pertama kali kamu harus menentukan platform dan pasar NFT yang tepat karena ada begitu banyak pasar NFT yang memberikan keutamaan pada aset digital tertentu. Pasar NFT terbesar dan merupakan salah satu yang pertama adalah OpenSea.

Kemudian kamu harus menautkan wallet kripto sesuai dengan pasar yang digunakan.Pilih “Mint of NFT” lalu kemudian upload dokumen digital yang kamu miliki.

Setiap market memiliki proses yang berbeda,namun pada intinya tetap sama. Kemudian jika kamu ingin memonetisasi pekerjaanmu secara pasif dari waktu ke waktu maka kamu dapat menggunakan royalti. Kamu juga bisa menetapkan besaran royalti ketika proses pencetakan.

Input NFT yang Akan Dijual

Jika sudah berhasil mencetak NFT,kemudian hal yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan NFT tersebut untuk nantinya dijual di market.

Perlu kamu ketahui,apabila kamu akan mentransfeer ataupun menjual NFT yang kamu miliki di market lain maka biasanya akan ada biaya tambahan.

Untuk mulai menjual NFT klik “Jual” dan kemudian ikuti langkah-langkahnya. Sebaiknya berikan informasi sedetail mungkin tentang NFT yang akan kamu jual seperti harga,batas waktu lelang, dan Cryptocurrency apa yang akan digunakan untuk membayar.

Kemudian market akan menghitung biaya gas atau biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi. Kemudian market nantinya juga akan memberikan biaya penanganan dengan biaya yang bervariasi tergantu seberapa padat jaringan blockchain yang digunakan.

Kelola NFT dan Promosikan

Jika semua proses pendaftaran NFT telah selesai maka aset NFT akan terlisting di market dan siap untuk diperjual belikan. Seperti halnya berjulan didunia nyata,kamu juga perlu melakukan promosi agar NFT yang kamu jual dapat cepat laku.

Kamu juga bisa melakukan perubahan pada informasi tentang aset NFT. Namun biasanya akan dikenakan biaya tambahan dan juga biaya gas yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Leave a Comment