3 Cara Cek Penerima BPNT atau Kartu Sembako Murah 2022

Cara Cek Penerima BPNT – Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan kartu sembako murah sudah diumumkan Pemerintah dan sudah bisa dicairkar ditahun 2022 ini.

Bagi anda yang ingin mengecek apakah termasuk kedalam penerima bansos BPNT ini atau tidak, bisa mengeceknya secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Selain melalui laman resmi kemensos, cek BPNT juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi Cek Bansos yang bisa di download di Google Playstore.

Selain dengan cara online, anda juga bisa mengecek penerima bansos BPNT 2022 secara offline dengan langsung mendatangi kantor Dinas Sosial setempat.

Pemerintah mengucurkan anggaran sebesar 45,12 triliun Rupiah di tahun ini untuk program bantuan sosial BPNT, dan akan disalurkan kepada 18,8 juta penerima Kartu Sembako Murah 2022.

Syarat untuk menjadi penerima bansor menurut kemensos adalah harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Meskipun telah terdaftar di DTKS tidak serta merta semuanya akan secara otomatis akan menerima bansos dari pemerintah.

Tiap bansos memeiliki kriteria, variabel dan kuotanya tersendiri. Jadi hanya masyarakat yang memenuhi persyaratan yang akan menerima bansos tertentu.

Cara cek penerima BPNT

Dilansir dari kompas.com, ada tiga cara yang bisa digunakan untuk mengecek daftar penerima bansos BPNT, berikut adalah 3 cara cek penerima bansos :

Cek Penerima Bansos secara online melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara yang pertama untuk mengecek penerima bansos BPNT 2022 adalah secara online melalui situs resmi dari Kemensos di laman Cekbansos.kemensos.go.id, berikut adalah cara cek di kemensos.go.id.

  1. Pertama buka laman Cekbansos.kemensos.go.id melalui browser baik di handphone ataupun di Komputer
  2. Isikan data yang diminta dengan benar seperti Nama dan wilayah
  3. Akan muncul gambar dengan 8 digit huruf atau angka, dan masukan kode tersebut
  4. Klik Cari Data

Kemudian sistem dari Cek Bansos Kementrian Sosial akan mencari nama penerima manfaat sesuai dengan data nama dan wilayah yang telah anda masukan.

Apabila nama anda muncul, berarti anda sudah tercantum dalam DTKS dan bisa mendapatkan bantuan Kartu Sembako Murah 2022.

Untuk memastikan apakah benar anda termasuk ke dalam penerima BPNT 2022, pastikan pada kolom status BPNT tertulis kata ” Ya”

Cara cek penerima melalui aplikasi Cek Bansos

Kemudian cara yang kedua masih melalui online yaitu dengan menggunakan aplikasi cek bansos dari Kemensos yang dapat di download melalui google playstore, berikut cara cek penerima BPNT menggunakan aplikasi Cek Bansos :

  1. Pertama download aplikasi cek bansos kemudian daftar dan login
  2. Pilih menu “Cek Bansos”
  3. Masukan nama sesuai ktp dan wilayah
  4. Klik Cari Data

apabila anda terdaftar sebagai penerima bansos BPNT, maka nama anda akan muncul di layar.

Cara cek penerima Kartu Sembako Murah 2022 di kantor Dinsos

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan langsung mendatangi kantor Dinas Sosial setempat. Tanyakan kepada petugas di kantor dinsos apakah anda terdaftar dalam DTKS dan menjadi penerima BPNT 2022.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengecek daftar penerima kartu sembako murah 2022 atau bansos BPNT.

 

Leave a Comment